Beranda | Artikel
Ramadhan dan Waktu
Rabu, 8 Juni 2016

Segala puji bagi Allah. Salawat dan salam semoga terlimpah kepada nabi kita Muhammad, para sahabatnya, dan segenap pengikut setia mereka.

Amma ba’du.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, bulan Ramadhan adalah saat-saat yang sangat berharga dalam kehidupan seorang muslim. Pada bulan ini umat Islam menjalankan ibadah puasa dengan menahan diri dari makan, minum, dan segala bentuk pembatal puasa dari sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Ini semua dia lakukan demi meraih ketakwaan di sisi Allah ta’ala.

Ramadhan adalah saat yang begitu berharga bagi kita. Karena di bulan inilah kita kembali tersadarkan akan pentingnya berdzikir kepada Allah dan mengumpulkan bekal amal salih untuk hari akhirat. Allah berfirman (yang artinya), “Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati untuk menetapi kesabaran.” (al-‘Ashr : 1-3)

Hasan al-Bashri rahimahullah berkata, “Wahai anak Adam. Sesungguhnya kamu adalah kumpulan perjalan hari demi hari. Setiap hari berlalu maka lenyaplah sebagian dari dirimu.”

Dzikir kepada Allah akan mendatangkan ketenangan hati dan peningkatan iman. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang mengingat Rabbnya dengan orang yang tidak mengingat Rabbnya seperti perbandingan keadaan orang yang hidup dengan orang yang sudah mati.” (HR. Bukhari)

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Maka bagaimanakah keadaan seekor ikan apabila dia memisahkan dirinya dari air?”

Diantara kalimat dzikir yang ringan di lisan dan berat di atas timbangan amal adalah ucapan ‘subhanallahi wabihamdihi subhanallahil ‘azhim’

Demikian faidah singkat yang bisa kami sajikan dalam kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi kita dalam mengisi waktu demi waktu di bulan yang penuh berkah ini.

Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Yogyakarta, 2 Ramadhan 1437 H


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/ramadhan-dan-waktu/